Sosok Kreatif yang lahir dari keluarga Petani, tampil bersahaja sederhana low profile apa adanya, menikmati masa Pensiun dengan tenang sambil mengemong Cucu ditengah kegiatan berkreasi dengan Tanaman. Sebelum memasuki masa pensiun sebagai seorang PNS dengan jabatan yang tidak terlalu menonjol di Kantornya, dalam menjalani hidupnya punya prinsip melayani bukannya dilayani, ternyata setelah Pensiun tidak menjadikan dia harus Stress istilah kerennya “Post Power Sindrome”, karena sebelum pensiun sudah menyiapkan mental untuk tidak stress, melakukan kegiatan Spiritualitas  dan menjalani kehidupan apa adanya seperti air mengalir.

Perjalanan Usaha F[ory, diawali dari Hobi dan Niat serta ketertarikan pada bidang Pertanian khususnya bidang tanaman Hias /Flory. Melihat ada Celah/ peluang lalu ada keterpanggilan dan idealisme membuat Kelompok Tani dengan Tujuan ingin mengajak teman2, keluarga dan Lingkungan sekitar untuk dapat memanfaatkan peluang/ kesempatan belajar  sambil menikmati, dan berusaha dibidang Pertanian khususnya Tanaman Hias Flory. Pada kesempatan yang bersamaan diajak sama Teman-teman Komunitas Tani, salah satunya petani Sukses yang punya areal pertanian didekat dengan Rembiga, yang kesehariannya  biasa dipanggil  Bang Japri dan Tentunya ada berapa temannya.

Dan sudah jamak Namanya kelompok, dengan latar belakang dan tujuan berbeda, motivasi ikut berkelompok hanya sekedar ikut, belum lagi masalah latar belakang Pendidikan dan Pengalaman hidup ternyata Perjalanan Berkelompok tidak  semudah dan segampang yang dipikirkan orang. Seperti itulah Namanya dinamika Kelompok, Sosok Komang Darma yang sadar dan yang merasa merintis dan sudah banyak berkorban, baik materiil dan Non Materiil, diharuskan untuk keberanian mengambil Keputusan, restrukturisasi kelompok dan kepengurusan kalaupun itu ada yang tidak memuaskan bagi yang tidak serius berkelompok.

Dalam kegiatan menekuni Usaha Tanaman Hias Flory  yang memiliki Jaringan/ Mitra Usaha  di Jakarta, Malang dan Bali, apabila di Mataram belum ada jenis tanaman Hias Flory, tentunya akan didukung disuplay oleh Mitra Usaha. Hubungan yang baik dengan Departemen Pertanian Pusat khususnya Dirjen bidang Tanaman Hias  Flory tentunya masalah informasi-informasi dari Pusat sering diketahui sebelum yang lainnya tahu, termasuk tawaran Pameran2 dulunya di Luar Lombok, Pameran Lokal di Mataram, terkadang diundang sebagai Nara sumber  pada acara temu usaha Pertanian dan ada berapa Kerjasama dengan Universitas dan menerima mahasiswa Magang, sambil berbagi Ilmu dengan Para Mahasiswa.

Usaha yang utama adalah jual beli tanaman Hias Flory, juga asesoris Pernik Pernik Dekor tanaman dan Pot, serta Pupuk Kompos dan yang lainnya. Ada juga pesanan yang sudah Lengkap dengan Pot  sesuai dengan Keinginan Konsumen, sehingga sampe rumahnya tinggal taruh saja.

Usaha Penyewaan / Rental tanaman Hias sudah dilakoni dengan berapa kantor, Bank di seputaran Mataram, dengan kewajiban memperhatikan kondisi tanaman, dan tempat/ wadah yang digunakan, dimana cocok untuk diatas meja kerja, diatas meja tamu, arean Resepsionis  dengan memilih tampilan Bunga atau tampilan keindahan motif daun. Biasanya di tengok dilihat/ dikontrol dua atau tidga hari, diambil atau dirotasi bisa dalam kurun waktu 2 mingguan, tergantung permintaan

Dengan bekal Ketrampilan menata Tanaman Hias ada tawaran pekerjaan mengatur dekor dengan Memadukan Tanaman Hias dan Bunga dengan Modif Janur dan elemen hias  dengan Tema Alam, seperti  acara Perkawinan, resepsi dll. Dan hampir rutin setiap tahun kalau ada event Pameran di Mataram, baik skala Lokal maupun Nasional, sering dikasi menata dekor Stand Pameran’ Expo.

Dalam perjalanya sekarang secara rutin bolak Balik Bali Lombokdi Mataram, untuk mengisi hari tua seiring anak-anaknya sudah pada mendiri di Mataram, terpanggil mulai apa yang bisa diperbuat di Kampung halamannya di karangassem. Dari berapa kegiatan anak-anak muda yang tertarik di Dunia Pertanian mulai dikenalkan dan dibina  agar lebih terarah

Yang tertarik untuk membeli tanaman hias dan Perlengkapan Pot serta media, bagi yang pengin tahu cara berbudi daya tanaman hias dapat ketemu langsung di base camp Sekar Ulangun jalan Amir Hamzah  No 4 X  Mataram Kontak langsung Komang Darma Hp 08175774844

  1. Kontributor
  2. Komang Sugiarta,Ojok
  3. Hp/ Wa: 085238616311
  4. Pengelola web otodidak    www.rumahperisai.com   dan    www.laibali.com
Sosok Komang Darma Inisiator Sekar Ulangun Florist, Inovasi Kreasi Tanaman Hias Di Kota Mataram-Lombok

45 gagasan untuk “Sosok Komang Darma Inisiator Sekar Ulangun Florist, Inovasi Kreasi Tanaman Hias Di Kota Mataram-Lombok

Komentar ditutup.

Kirim Pesan
1
Perlu Info Klik
Hallo, apa yg bisa dibantu