DITANAM DI BUDI DAYAKAN DI HAMPARAN PERSAWAHAN DI DAERAH SELAT Karangasem DEKAT DENGAN GUNUNG AGUNG.
Wilayah Kecamatan Selat karangasem, termasuk sentra Penanaman Ubi Madu Cilembu

Begitu mendengar Ubi  Cilembu, terlintas dipikiran orang bahwa Ubi Cilembu adalah hasil Budi daya Petani di Daerah Cilembu Sumedang Jawa Barat. Namun Seiring dengan perkembangan Untuk budi daya sejenis Ubi Cilembu juga  dibudidayakan/ ditanam oleh Petani di Desa Selat  Karangasem, yang mana untuk Ubi Cilembu ini biasa disebut dengan Ubi Madu Cilembu,

Proses Panen Ubi Cilembu dan Diproses siap untuk dijual

Untuk budi daya penanaman ubi Madu Cilembu di Daerah selat Karangasem ditanam secara Bergantian dengan Penanaman Padi. Untuk Puncak Panen dari ubi Madu Cilembu, Ubi Ungu dan ublainnya , pada bulan sept- Oktober, Daerah budi daya di Desa Selat dan sekitarnya kebetulan lokasinya  sangat dekat dengan Gunung Agung, mungkin karena lokasi yang dekat dengan gunung Agung dan kemungkinan Letusan Gunung yang terdahulu, membuat struktur tanah pertaniannya cocok untuk menanam ubi seperti ubi madu Cilembu, Ubi Ungu dan ubi lainnya. Dan memang benar rasa dari Ubi yang ditanam didaerah selat enak dan manis, teksturnya  empuk.

Rasa Ubi Cilembu yang enak, empuk dan  manis membuat orang ketagihan untuk mengkonsumsi untuk Hidangan sambil minum teh atau Kopi. Dimasak dimatangkan  dengan dengan Open, nampak Tampilan Ubi Cilembu tampak seperti warna madu.  Sedang untuk Ubi Ungu biasanya digunakan untuk membuat jajan Olahan berbahan dasar Ubi Ungu.

Persiapan Panen Umbi Madu Cilembu, untuk dikirim dan dijual

Distribusi Penjualan dari Ubi Madu Cilembu, Ubi Ungu dan lainnya diseputaran selat, sepanjang jalan ada warung/ kios yang menjual  ubi madu dengan tampilan diikat dll .Penjualan ubi  keluar Selat dilakukan oleh Pak Ketut Wirata, disamping langsung berbudi daya, sekaligus membeli Ubi Petani dijual diseputaran kota amlapura, Klungkung, denpasar hingga sampai di Tabanan.

Kisaran harga ubi madu di Tempat mulai dari 4500,-/ kg  disesuaikan dengan permintaan  apakah Pembeli Grosir atau eceran dan bagi yang akan dijual lagi ( grosir) siap dibawakan sampai di Lokasi.  

Ubi Madu Cilembu dijual dengan Di Oven, di Gerai/Kios/Toko dan ada yang dijual dengan Mobil.

Dimasa Pandemi Covid -19, yang mana kondisi ekonomi yang lesu, diberapa titik/ warung/ Toko  dijual Ubi Madu Cilembu yang di Oven dengan menggunakan Mobil. Dan ternyata Omset Penjualan dari Ubi Madu Cilembu dan Ubi ungu mengalami Peningkatan. Juga terjadi trend kenaikan akibat dari Masyarakat yang menyadari akan khasiat Ubi Madu Cilembu dan Ubi Ungu dapat mengatasi menghindarkan dari berapa penyakit.

Diversifikasi Olahan Ubi Cilembu yang bisa dihidangkan untuk para Tamu Lokal Maupun mancanegara untuk Memberikan Nilai tambah untuk Product Petani Lokal.

Mudah2an seiring dengan Covid mereda dan Kondisi Pariwisata kembali Normal, mudah2 an dengan kebijakan Peraturan Gubernur Bali, agar Produksi Hasil Pewrtanian Lokal termasuk Buah dan Ubi  Madu Cilembu atau ubi Ungu bisa ditampilkan disuguhkan di Hotel baik berupa ubi yang di Oven atau ubi yang sudah diolah menjadi aneka hidangan dan Camilan.

Yuk Sama2 Belajar Menanam Ubu madu Cilembu secara Benar , Kita bisa belajar dari Petani di Jawa Barat yang telah maju.

Dan secara daerah Penanaman seperti yang telah berlangsung budi daya, daerah Selat Karangasem cukup Baik dan Cocok untuk Budi Daya.

Yang senang ubi Cilembu yuk manfaatkan Pekarangan rumah dan lahan tidak produktif untuk tanam Ubi Cilembu. Petunjuk lihat video dibawah

Yang tertarik untuk berjualan di Denpasar, Tabanan, Gianyar dan Klungkung jenis Ubi Madu Cilembu, Ubi Ungu dan lainnnya dari Komunitas Petani Ubi Madu Cilembu siap elayani . Info lebih lanjut silahkan Kontak  085238616311

Kontributor

Rumah Perisai Geria Abadi ,

Komang Sugiarta ( Ketua) Hp 085238616311

UBI MADU CILEMBU COCOK DI TANAM PETANI DI SELAT KARANGASEM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *